Jumat, 15 Juli 2016

PWNU Akan Bangun Pesantren di Sekitar UNNES



Dalam upaya membentengi generasi umat supaya tetap berhaluan Ahlussunnah wal Jama'ah, Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama (PWNU) Jawa Tengah akan merintis pembangunan Pondok Pesantren (ponpes) di lingkungan Universitas Negeri Semarang (Unnes). 
"Pesantren ini akan dijadikan percontohan. Ya semacam ikon model pesantren yang ideal di lingkungan perguruan tinggi umum. Untuk pertama ini, kami bangun di dekat kampus Unnes,” kata Ketua Tanfidziyah PWNU Jateng, KH Abu Hapsin, Ph.D, saat ditemui di kediamannya, Jumat, (15/7/16).

Alumnus Pesantren Lirboyo, Kediri ini menambahkan, lulusan pesantren yang cerdas dan baik tak sedikit yang kuliah di perguruan tinggi umum. Namun, ketika masuk di perguruan tinggi umum, tak ada wadah untuk mengembangkan ilmu yang digelutinya selama  menjadi santri.

“Sekarang ini, justru mahasiswa yang cerdas, lancar membaca kitab kuning, hafal Alquran, dan akhlaknya baik, ramai-ramai dicari kampus umum. Nah, sayangnya di kampus umum minim sekali lingkungan yang bisa mengembangkan potensi mereka dalam ilmu agama. Karena itu kita buatkan pesantren NU,” tambahnya.

Gerakan Wakaf Tanah
Abu berharap, adanya pesantren itu mahasiswa yang selama ini tidak bisa mengembangkan potensi yang diperoleh dari pesantren bisa terwadahi. Bukan hanya untuk lulusan pesantren, lanjutnya, namun bagi mahasiswa dari sekolah umum yang hendak mendalami ilmu di pesantren juga terwadahi.

”Nantinya, jika yang sudah lancar membaca kitab kuning, hafal Alquran, dan lancar dalam membaca Alquran berikut tajwidnya, bisa mengajari mahasiswa yang berasal dari sekolah umum yang ingin belajar ilmu agama,” sambungnya. Saat ini, kata Abu, pembangunan itu masih dalam tahap pembebasan tanah. Luas tanah yang dibutuhkan sebanyak 3000 meter. Saat ini baru dapat dibebaskan sebanyak 500 meter.

”Masih sangat banyak yang belum terbebaskan. Karena itu kami mengadakan gerakan wakaf tanah. Gerakan wakaf ini hitungannya permeter. Karena itu kami menerima dalam bentuk apa pun,” jelasnya.

Sumber : nujateng.com

Tidak ada komentar:
Write comments